Tuesday, 24 November 2009

Perlu AIR gak ya ?!?

Diceritakan sebuah kisah seorang anak yang mencangkul di sawah guna persiapan tanam padi pekan depan. Sebelum berangkat sang Ibu mengingatkan “nak, apa kau tak bawa bekal air”? sang anak pun menjawab “ah, tak usahlah bu… ulun tadi sudah minum banyak air… ya sekitar 5 gelas gitu. Lagi pula ulun cuma menyelesaikan seperempat (1/4) petak melanjutkan kerja ayah kemarin. Mungkin tak sampai siang sudah kelar”. Anak ini memang terkenal perkasa, kuat serta tahan banting di desanya. Itulah mengapa warga kampung sering menjulukinya besinya desa.

Anak ini pun menyusuri jalan-jalan setapak di sawah dan akhirnya tiba di petak sawah keluarganya. Dia mulai bekerja menyelesaikan 1/4 dari total petak yang kemarin dikerjakan sang ayah.

Matahari yang redup sejak pagi, mulai menyingsing dan memanaskan kepala. Anak ini telah menyelesaikan setengah dari kerjanya, namun keringatnya mulai mengalir deras, “aduh kenapa ni… hari yang gak biasa” bathinnya. Ia mulai merasa lelah, otak mulai pusing serta leher yang seakan kering kerontang. “hufh.. kurang beberapa meter lagi… kenapa tubuh ini tak bisa dikompromi, haus banget lagi… tahu gini ikuti saran ibu” gerutunya. Sawah yang digarapnya terletak di tengah tegalan, jadi agak sulit mencari sumber air, ada aliran irigasi air namun terputus karena dialirkan di sawah yang atas. akhirnya ‘besi’ pun punya kelemahan.

Tubuhnya seakan tak kuat… ia rebahkan tubuhnya di sudut sawah… matanya berkunang-kunang seakan ingin tidur. Untunglah tak berapa lama kemudian sang ayah datang… melihat anaknya seperti itu beliau langsung kaget dan segera memberinya air yang dibawanya. “kenapa kamu ini nak..”kata sang ayah setelah anaknya agak tenang, “tubuh tak semampai dan rasanya haus tadi tak terkira” jawab sang anak. “Lagi-lagi kamu sok kuat… gak bawa bekal ke sawah, pahadal hari ini matahari tak seperti biasanya… makanya kalau dibilangin orang tua itu diperhatikan”sambung sang ayah. “ya.. yah.. tobat dech” jawab sang anak sampil tersenyum.

Sobat… apa hal yang dapat kita ambil dari cerita tadi? Hmm… sobat yang muda & pemikir ini pasti bisa tahulah, gak usah yang nulis ini beberkan lagi (kalo msih ‘lola’ tny penulisnya aja langsung), hehe…. Sebenarnya cerita di atas hanyalah pengantar dari tulisan berikut ini (wah mulai srius nie). Tahukah sobat yang baca ini tentang AIR? eits.. bukan air galon, pam atau yang biasanya ya… pokoknya air ni gak biasanya, katanya bikin pinter c..

Hmm…. Seperti terlihat di header buletin ini AIR itu Azzam Islamic Research. Bila dipecah berkeping 3, Azzam itu dapat diartikan tekad atau kesungguhan, Islamic ya tentunya berdasarkan karakter Islam, Research ialah riset atau penelitian. AIR punya motto “Zona belajar Efektif, Efisien & Produktif”. Maksudnya kita lebih dari tempat kumpul atau komunitas biasa, karena kita komunitas yang InsyaALLOH membimbing dalam berorganisasi serta yang mikirin kuliah juga.

Kenapa harus AIR? A..ha.. hal itu yang hampir selalu ditanyakan (sampe’ bosen… haha…). Sebenarnya lebih baik menyelam ke dasar samudra baru kita tahu dalamnya air (tahu khan maksudnya?). Tapi kita bagi dikit dulu ya (kalau mau jelas tanya ke sms center AIR aja)… Setidaknya AIR merupakan komunitas yang sasarannya jelas, yakni membentuk pribadi yang  ‘Saintis Muslim’. Bagaimana caranya sih? (tu juga pertanyaan pringkat ke-2 yang sering ditanyakan, tapi kalo ada yang mau sibuk2 ngrangking sih.. he…). Kita kasih tahu dikit ya, kita ada DISK (Diskusi Kamis) yang merupakan ajangnya menambah wawasan pemiran serta bergesekan keintelektualan dengan sobat AIR yang lain; trus ada SEL (Smart Efective Learning) , kalau yang ini semacam small group untuk team research, bertukar pikiran, bahkan mungkin curhat juga… inilah sebenarnya inti dari AIR karena dengan SEL dibangunnya rasa kekeluargaan sesama sobat AIR. Hmm… masih banyak yang lainnya. Pengurus AIR kali ini ada 5 Departemen, tiap Departemen punya agenda atau program keja tersendiri… jadi insyaALLOH gak bosen dech…

Jangan Lupa juga AIR UIN MALIKI Malang adalah PusKomWil (Pusat Komunikasi Wilayah) Jawa Timur-Bali-NT berdasarkan keputusan MUNAS (Musyawarah Nasional) JRMN (Jaringan KeRohanian Islam MIPA Nasional). Ya… bisa dibilang jaringan saintis muslim-nya Indonesia di wilayah Jatim-Bali-NT….

Kiranya cukup ini aja ya… space bulletin gak banyak dikasih (hahaha…), kalau mau lebih jelas tanya aja makhluk2 yang memakai jaket bertuliskan “Qur’ani Scientist Community”, bisa juga lewat stand AIR, atau kalau malu lewat sms center AIR juga bisa. Hmm… jadi gak ada alas-an gak bisa kenal AIR lebih deket khan… ckckck…

Sebagai akhir ni, ada kata mutiara yang cukup bagus “Jangan tertipu oleh kata, tulisan atau karya seseorang yang terlihat baik sebelum anda lihat sikap, sifat atau kelakuannya, Jangan pula tertipu oleh sikap,sifat atau kelakuan seseorang yang terlihat baik & sempurna sebelum anda melihat hatinya” bagaimana melihat hati? Hanya ALLOH sang Pengatur rasa serta pemberi petunjuk bagi kita semua...

Jadi, jangan lihat promosi kita yang terlihat baik atau malah terlihat kurang bagi anda sebelum anda menyelami AIR itu lebih dalam. Maksudnya jangan terpengaruh anggapan positif atau negatif dulu tentang AIR, jika belum berenang dan diving dengan kami….

Ok, kita tunggu di segarnya,sejuknya, akrabnya,serta dalamnya AIR (Azzam Islamic Research)…

Jangan salah pilih! Bila perlu sholat malam dulu jika masih ragu… hehe…

Salam Saintis Muslim, bangkit menuju perubahan Islam dan sains yang lebih baik!

2 comments:

  1. Subhanalloh............knapa ana baru baca yach ada blog AIR.....smoga da'wah selalu berputar sesuai dengan irama hidayahNy...tentunya tuk menggapai RidloNya...sesuai dengan pesan sang Ibu...kita selalu membawa bekal terutama bekal tuk akherat...

    ReplyDelete
  2. BERARTI BANYAK ORANG2X SANGAT BRENGSEX DISEKITAR KITA,MAKASIH GAN ATAS INPORMASINYA

    ReplyDelete

Isi dengan Hati Nurani anda tentang artikel/berita yang anda baca.